Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia

Versi Lengkap: VVT-i...ternyata....
Anda sekarang melihat versi singkat situs kami. Lihat Versi Lengkapnya dengan format yang lebih baik.
Pas KOPDAR kemarin barulah saya melihat dan memperhatikan dari dekat beda mesin lama dan VVT-i A/X (khususnya XE-Li). Awalnya adalah "bisikan" dari dukun Phoenix yang cukup mengagetkan bahwa hanya ada satu komponen kecil di depan crankshaft AX sebesar korek api yang membuat si A/X ini menjadi VVT-i.
Si "kotak korek api" ini terhubung ke kabel listrik, ini pasti output dari ECU. Nah di mesin lama, kotak ini digantikan semacam gasket plastik, dengan posisi mounting yang persis sama.
Jadi di mesin lama kelihatannya sudut cam dibikin "fixed" dengan diganjal gasket plastik tsb, sedangkan di VVT-i ada komponen bergerak (yang diganjel gasket plastik tsb) yang bisa berubah diatur oleh si kotak korek api tsb..

Nah.. kotak korek api.. komponen apakah itu???
Apakah infrastruktur jeroan A/X non VVT-i sebetulnya sama?
Ngelihat dari bentuknya sih harusnya harga gak sampe 1.5 jt...

zhe_ya Menulis:
Pas KOPDAR kemarin barulah saya melihat dan memperhatikan dari dekat beda mesin lama dan VVT-i A/X (khususnya XE-Li). Awalnya adalah "bisikan" dari dukun Phoenix yang cukup mengagetkan bahwa hanya ada satu komponen kecil di depan crankshaft AX sebesar korek api yang membuat si A/X ini menjadi VVT-i.
Si "kotak korek api" ini terhubung ke kabel listrik, ini pasti output dari ECU. Nah di mesin lama, kotak ini digantikan semacam gasket plastik, dengan posisi mounting yang persis sama.
Jadi di mesin lama kelihatannya sudut cam dibikin "fixed" dengan gasket plastik tsb, sedangkan di VVT-i ada komponen bergerak (yang diganjel gasket plastik tsb) yang bisa berubah diatur oleh si kotak korek api tsb..

Nah.. kotak korek api.. komponen apakah itu???
Apakah infrastruktur jeroan A/X non VVT-i sebetulnya sama?
Ngelihat dari bentuknya sih harusnya harga gak sampe 1.5 jt...


bung zhe_ya, kemaren sempet di foto ngga tuh kotak korek api nya?
Penasaran juga neh, tempatnya dimana tuh korek api teh?095

Sorry bro, gak sempat difoto.
Ohya satu perbedaan lagi, A/X VVT-i udah gak punya setelan CO (yg di A/X non VVT-i posisinya di sebelah kiri kompartemen mesin - dibelakang headlamp kiri)
Mungkin setelan CO ini sudah digantikan O2S

zhe_ya Menulis:
Pas KOPDAR kemarin barulah saya melihat dan memperhatikan dari dekat beda mesin lama dan VVT-i A/X (khususnya XE-Li). Awalnya adalah "bisikan" dari dukun Phoenix yang cukup mengagetkan bahwa hanya ada satu komponen kecil di depan crankshaft AX sebesar korek api yang membuat si A/X ini menjadi VVT-i.
Si "kotak korek api" ini terhubung ke kabel listrik, ini pasti output dari ECU. Nah di mesin lama, kotak ini digantikan semacam gasket plastik, dengan posisi mounting yang persis sama.
Jadi di mesin lama kelihatannya sudut cam dibikin "fixed" dengan diganjal gasket plastik tsb, sedangkan di VVT-i ada komponen bergerak (yang diganjel gasket plastik tsb) yang bisa berubah diatur oleh si kotak korek api tsb..

Nah.. kotak korek api.. komponen apakah itu???
Apakah infrastruktur jeroan A/X non VVT-i sebetulnya sama?
Ngelihat dari bentuknya sih harusnya harga gak sampe 1.5 jt...


ECU -----> VVTI Module -------> Fluid Control Valve -----> VVT Pulley.

Dari modus operandi itu bisa ditebak 095095095

zhe_ya Menulis:
Pas KOPDAR kemarin barulah saya melihat dan memperhatikan dari dekat beda mesin lama dan VVT-i A/X (khususnya XE-Li). Awalnya adalah "bisikan" dari dukun Phoenix yang cukup mengagetkan bahwa hanya ada satu komponen kecil di depan crankshaft AX sebesar korek api yang membuat si A/X ini menjadi VVT-i.
Si "kotak korek api" ini terhubung ke kabel listrik, ini pasti output dari ECU. Nah di mesin lama, kotak ini digantikan semacam gasket plastik, dengan posisi mounting yang persis sama.
Jadi di mesin lama kelihatannya sudut cam dibikin "fixed" dengan diganjal gasket plastik tsb, sedangkan di VVT-i ada komponen bergerak (yang diganjel gasket plastik tsb) yang bisa berubah diatur oleh si kotak korek api tsb..

Nah.. kotak korek api.. komponen apakah itu???
Apakah infrastruktur jeroan A/X non VVT-i sebetulnya sama?
Ngelihat dari bentuknya sih harusnya harga gak sampe 1.5 jt...


Ada modul VVTI yg ngga keliatan, itu yg ngatur buka tutup klep jadi variable untuk mencapai tenaga maximal disetiap rpm. Kalo yg ngga pake VVTI buka tutup klepnya konstan disetiap rpm.

Yah tau lah itu..punya eko gw buka tutup klepnya, ternyata memang tidak ada yg istimewa,pada bagian atas cylinder head..sama seperti li biasa, baik itu camshaft-nya, yg smentara paling keliatan bener yah itu...bukan korek api,mungkin bentuknya silinder aja..yg bagian dalemnya disekat2..syg gw nggak sempet foto..waktu itu keasikan tuning
Oke ini fotonya.. tapi yang non vvt-i dulu yah.. om ekomeister kalo sempet tolong foto-in mobil kamu dong posisi foto seperti ini... buat perbandingan..

(1). Yang dilingkarin merah itu tempat pasang modul "korek api" vvt-i nya. Kalo di foto ini (mobil non vvt-i) cuma gasket hitam aja.


(2). Yang sebelah kanan dilingkarin merah ini saluran oli... ini nyambung ke pangkal oil filter. Both vvt-i dan non vvt-i punya komponen ini.


Mengutip PenyuTurbo, mungkinkah fluid control valve + vvt pulley sebenernya udah ada di versi non vvt-i hanya tinggal si module nya itu aja yang gak ada?

@Andreas kalo sempet ketemu vvt-i lagi foto-in yah komponen itu?

zhe_ya Menulis:
Pas KOPDAR kemarin barulah saya melihat dan memperhatikan dari dekat beda mesin lama dan VVT-i A/X (khususnya XE-Li). Awalnya adalah "bisikan" dari dukun Phoenix yang cukup mengagetkan bahwa hanya ada satu komponen kecil di depan crankshaft AX sebesar korek api yang membuat si A/X ini menjadi VVT-i.
Si "kotak korek api" ini terhubung ke kabel listrik, ini pasti output dari ECU. Nah di mesin lama, kotak ini digantikan semacam gasket plastik, dengan posisi mounting yang persis sama.
Jadi di mesin lama kelihatannya sudut cam dibikin "fixed" dengan diganjal gasket plastik tsb, sedangkan di VVT-i ada komponen bergerak (yang diganjel gasket plastik tsb) yang bisa berubah diatur oleh si kotak korek api tsb..

Nah.. kotak korek api.. komponen apakah itu???
Apakah infrastruktur jeroan A/X non VVT-i sebetulnya sama?
Ngelihat dari bentuknya sih harusnya harga gak sampe 1.5 jt...


Pak zhe_ya,

Utk mengubah Xe Li dari non VVTi ke VVTi memang tidak serumit dibanding dgn Xe Xi/Avz krn sistem ignition (satu stick coil utk satu busi) di Xe Li tidak disunat oleh ADM spt di Xe Xi/Avz (satu coil utk dua busi-Waste Spark Ignition).
Komponen yg mengatur intake camshaft tsb dikenal sbg SPROKET VVTi & klu nggak salah harganya cuman Rp 294 rb saja. Selain itu ECU juga hrs diganti (ECU VVTi sekitar Rp 4 jt), ditambah sensor oksigen @ Rp 265 rb & catalytic converter @ Rp 2,2 jt, sensor air intake temp @ Rp 350 rb & ganti wiring harness (???) shg total biaya upgradenya bisa mencapai Rp 10 jt-an.

BUDI Menulis:
Pak zhe_ya,

Utk mengubah Xe Li dari non VVTi ke VVTi memang tidak serumit dibanding dgn Xe Xi/Avz krn sistem ignition (satu stick coil utk satu busi) di Xe Li tidak disunat oleh ADM spt di Xe Xi/Avz (satu coil utk dua busi-Waste Spark Ignition).
Komponen yg mengatur intake camshaft tsb dikenal sbg SPROKET VVTi & klu nggak salah harganya cuman Rp 294 rb saja. Selain itu ECU juga hrs diganti (ECU VVTi sekitar Rp 4 jt), ditambah sensor oksigen @ Rp 265 rb & catalytic converter @ Rp 2,2 jt, sensor air intake temp @ Rp 350 rb & ganti wiring harness (???) shg total biaya upgradenya bisa mencapai Rp 10 jt-an.


Pak Budi, jadi kalau XE XI dan Avanza kalau mau upgrade ke VVTi bisa nambah duit lebih banyak dong seperti nambah koil dan rubah sistem pengapian?

Mending tuker mobil aja kali ya?

Bobby Sant Menulis:

BUDI Menulis:
Pak zhe_ya,

Utk mengubah Xe Li dari non VVTi ke VVTi memang tidak serumit dibanding dgn Xe Xi/Avz krn sistem ignition (satu stick coil utk satu busi) di Xe Li tidak disunat oleh ADM spt di Xe Xi/Avz (satu coil utk dua busi-Waste Spark Ignition).
Komponen yg mengatur intake camshaft tsb dikenal sbg SPROKET VVTi & klu nggak salah harganya cuman Rp 294 rb saja. Selain itu ECU juga hrs diganti (ECU VVTi sekitar Rp 4 jt), ditambah sensor oksigen @ Rp 265 rb & catalytic converter @ Rp 2,2 jt, sensor air intake temp @ Rp 350 rb & ganti wiring harness (???) shg total biaya upgradenya bisa mencapai Rp 10 jt-an.


Pak Budi, jadi kalau XE XI dan Avanza kalau mau upgrade ke VVTi bisa nambah duit lebih banyak dong seperti nambah koil dan rubah sistem pengapian?

Mending tuker mobil aja kali ya?


Bener Om Bobby, mending tuker mobil aja.
Engine tuh kalo masih bulet harganya murah, tapi kalo udah diperetelin total harganya jadi mahal.

Kalo untuk mobil2 tua, orang banyak milih swap aja, abis engine bekas yg udah di overhaul harganya cuma 5jutaan. Daripada nyari sparepartsnya lagi... bisa lebih mahal jatuhnya.

Halaman: 1 2
Referensi URL